Minggu, 15 September 2013

cara servise tv

cara servise tv .

oleh : mahdar 

service tv kelihatan kebanyakan orang sih gampang , kutak-kutik sedikit , uangnya banyak kata orang…. Padahal sih kalau lagi apes duit keluar , tenaga keluar …eeee dimaki-maki orang lagi  . tapi kalau lagi mujur  Cuma solder doing …100 rb  ngantongin….he.he.he…… coba deh simak pengalaman saya ….

Ini pengalaman saya sewaktu jadi teknisi tv di bengkel dan di pabrik . untuk membuka bengkel service tv banyak resiko nya broo , kalau kita kurang berhati-hati dan teliti .kita bisa tekor alias rugi . nah kalau gitu gimana dong cara nya ?
-          sebelum anda mengecek tv dirumah sipemilik atau dibengkel , terlebih dulu anda Tanya dulu pada sipemilik tv kenapa rusaknya .anda harus tes didepan sipemilik , biar kita tahu sama-sama kerusakan nya .
-          seandainya kerusakan nya mati total anda buka tutup belakangnya , cek fuse dan tr horizontal nya . kalau fuse nya yang putus berarti power supply nya rusak periksa juga tr horizontalnya . kalau tr nya rusak , bisa juga power supply tinggi dan  rangkaian horizontal bermasalah .
-          untuk mati standby kita tidak bisa menentukan kerusakan nya , harus ditunda pemeriksaannya . di cek dulu sampai ketemu kerusakan nya , lalu tentukan ongkos dan komponennya . yang pasti sipemiliknya harus pulang dulu Karena makan waktu pemeriksaannya .
-          untuk service tv yang lama-lama anda harus teliti kerusakannya walaupun sepele .soalnya kalau tv lama semua komponen sudah tidak full lagi kekuatan nya . terutama elco , soket-soket dan solderannya. Untuk itu anda harus berhati-hati .bisa-bisa kerusakannya sedikit bisa jadi banyak ..he..he..he….udah gitu orangnya ga ngerti lagi , minta dibatalin dan minta dikembalikan kerusakannya seperti semula . udah cape …keluar uang….di maki-maki lagi…..apesssss deh.
-          Untuk tentukan harga / ongkos , sebaiknya dibicarakan sesudah anda tahu apa saja komponen yang rusak . ongkos kerja berapa dan penggantian komponen berapa .untuk harga komponen anda harus lipat dua atau tiga menjaga kalau komponen rusak lagi dan pengganti tranportasi . kecuali kalau yang harga nya murah. . walaupun murah juga mis resistor , condensator , diode  , anda harus melipat gandakan . bagi kita yang muslim untuk tentukan harga langsung saja ongkos kerja dan spare parts digabung  jangan dikasih tahu modalnya itu yang saya tahu…..
-          Untuk pengalaman saya dipabrik untuk ongkos kerja terpisah dari spare parts . harga spare parts bisa bisa 5-10 kali lipat dari harga diluar. Padahal saya juga suka belanja spare parrts untuk keperluan pabrik ….buka rahasia deh..he…he…he…kenapa harga spare parts di pabrik sangat mahal karena pabrik memberikan garansi seumpama spare parts yang dipasang rusak lagi , selama masih ada garansi service .


Nah ini dulu suka duka , pengalaman saya sewaktu saya buka bengkel service tv sendiri dan kerja dipabrik tv  .mungkin ini bisa dijadikan referensi untuk anda . 

bila anda butuh spare parts tv yang susah dikota anda , terutama yang diluar kota  , 
anda bisa memesan pada saya mudah-mudahan bisa membantu .

selamat nikmati artikel dari kami 
semoga bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. servis tv | reparasi tv | perbaikan tv - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz